Ekspedisi Karst Nusantara: Tim Ekspedisi Menuju Pulau Seram

Tim Ekspedisi Karst Nusantara: Pulau Seram 2013 (Foto: IMPALA UB)

Dari 21 September – 20 Oktober 2013, 7 anggota IMPALA (Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Brawijaya akan mengujungi Taman Nasional Manusela di Pulau Seram, Provinsi Maluku. Selama sebulan mereka akan mendata sebaran ponor dan mata air, pemetaan gua dan mendata biota gua. Sebelumnya mereka telah mempersiapkan diri dengan melakukan latihan dan simulasi materi selama lebih dari 3 bulan di Malang, Tulungagung, Tuban dan Kebumen.

Tim ekspedisi yang berjumlah 7 orang tersebut adalah Henry Yuli, Reza Tricahya, Ermawati, Ardin Makarim, Ani Saputri, Dewi Mar’a Konita dan Nurul Dwi. Rencananya, akan bergabung juga personel dari Taman Nasional Manusela dan anggota dari DARMAPALA Universitas Darussalam Ambon. Mereka semua mengusung kegiatan Ekspedisi Karst Nusantara: Pulau Seram 2013.

Ekspedisi ini untuk mengetahui sebaran ponor dan mata air serta kekayaan biodiversitas biota gua di bagian selatan Taman Nasional Manusela, tepatnya di Desa Yaputih dan Desa Sanuluh, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah. Setelah mempelajari peta Geologi, lokasi penelitian merupakan formasi Manusela yang tersusun dari batugamping berlapis sampai masip, batugamping oolitan, napal dan rijang.

Semoga ekspedisi berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa bermanfaat untuk kelestarian kawasan Taman Nasional Manusela.

Arsip

Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts

Leave a Reply