Survex: Aplikasi Pemetaan Gua

Dalam survei dan pemetaan gua hasilnya adalah peta gua yang bisa menggambarkan kondisi setiap bagian di dalam gua. Pengambilan data-data pengukuran dan pengamatan di lapangan kemudian diolah. Sekarang proses pengolahan data sudah mudah karena banyak perangkat lunak yang tersedia.

Salah satunya adalah Survex. Survex merupakan perangkat lunak bebas (Free Software) yang digunakan untuk membuat peta gua. Perangkat lunak ini dikembangkan dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (disingkat GNU GPL, atau cukup GPL; dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi lisensi publik umum). Pengembang merancangnya agar dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi, seperti GNU/Linux, Mac OS X dan Windows Microsoft.

Input data Gua Banyu menggunakan Survex

Sering dijumpai bahwa suatu gua terhubung dalam satu sistem sungai bawah tanah dengan gua yang lain. Kadang juga dijumpai sistem gua yang besar dan rumit. Survex mempunyai keunggulan menggabungkan data-data tersebut dengan jumlah yang tidak terbatas dan mudah dalam mengelolanya. Cara kerjanya sangat sederhana, cukup memasukkan data-data pengukuran dan pengamatan. Maka garis besar peta bisa dilihat hasilnya.

Gua Banyu dalam Aven Cave Surveying Tool

Awalnya para penelusur gua di Cambridge University Caving Club’s pada tahun 1988 mencoba membuat aplikasi untuk mengolah data yang bisa digunakan untuk menghasilkan peta. Namun program ini masih banyak kekurangannya. Kemudian Olly Betts dan Wookey pada tahun 1990 mulai mengembangkannya. Hasilnya lebih manusiawi dan mudah digunakan. Survex sudah menggunakan tampilan grafis (Graphical User Interface=GUI). Semakin berkembang setelah Mark Shinwell mengembangkan Aven. Sehingga peta bisa langsung dilihat hasilnya melalui aplikasi ini. Keluaran peta yang dihasilkan bisa dalam format berkas DXF, SVG, PLT, Sketch, EPS dan HPGL.

Penulis menggunakan sistem operasi Ubuntu versi 12.04. Aplikasi Survex dan Aven sekarang telah masuk dalam daftar repositori Ubuntu. Maka cara pemasangannya Survex cukup lewat Ubuntu Software Center. Syaratnya hanya terhubung dengan internet. Survex juga bisa diunduh di http://survex.com/download.html.

Memasang Survex dan Aven lewat Ubuntu Software Center

Karena menggunakan lisensi GPL. Maka pengelola Proyek Survex menerima masukan dari berbagai pihak mengenai fitur-fitur yang dibutuhkan, atau cara kerja Survex yang butuh perbaikan. Pengelola juga berharap orang lain ikut terlibat dan berkolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak ini. Dan mereka berterima kasih kepada banyak orang yang telah membantu menerjemahkan, menguji dan memperbaikinya selama ini. Informasi mengenai Proyek Survex bisa dibaca pada laman http://survex.com/. (ɔ) copyleft 2013

Arsip

Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020
Agenda SpeleoTalks seri 9: Cave Diving – into the unknown world
July 23, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts

3 Responses

Leave a Reply