Sekilas SpeleoBase: Aplikasi Mengelola Database Gua

Salam Speleo,

Mungkin sudah ada yang mengenal software ini. Dulu software ini berbahasa Belgia, ternyata setelah lama tidak mengutak atik telah ada updatenya versi bahasa Inggris. Software yang ditujukan untuk menyusun database gua ini bernama Speleobase.

Fiturnya cukup lengkap dan memudahkan para penggiat dunia bawah tanah dalam menyusun database gua. Data yang disusun antara lain, nama gua, titik koordinat, lokasi, surveyor, keterangan explore, hidrologi, history, info topo, peralatan yang dibutuhkan untuk menelusuri serta keterangan lorong, image (peta gua dan lorong), dll.

Software bisa didownload di website SpeleoBase

Untuk mempelajarinya jangan lupa download juga manual booknya di situs tersebut. Agar lebih jelasnya mengenai gambaran software ini bisa langsung dilihat screenshoot-nya langsung.

SpeleoBase

SpeleoBase

SpeleoBase

SpeleoBase

SpeleoBase

SpeleoBase

 

Software Speleobase terkoneksi juga dengan google map. Selain itu file Speleobase bisa diexport ke KML (google earth), karto, PCX5, CSV. Setiap data gua yang kita susun dapat tersambung juga dengan file document seperti word, pdf, jpeg, mpeg, bahkan website. Kita juga dapat mengimport file (misal dari compass cave data ke speleobase).

Selain itu kita juga dapat melakukan print out data gua yang kita susun serta membagikannya via email. Dan yang paling keren ada fitur search engine pada software ini, sehingga mmudahkan kita dalam melakukan pencarian. Oh iya untuk merubah nama negara lokasi gua dan sistem koordinat bisa diedit di konten maintenance.
Kesimpulannya, software ini keren, mudah digunakan dan fiturnya lengkap untuk menyusun database gua.

Selamat mencoba, yuk kita susun database untuk masa depan kawasan karst Indonesia yg lebih baik. Salam berbagi … unity & respect. Thanks Latgab Caving Jabodetabeka & Guyubers LGC..yukk ngopi dulu biar guyub.

Disalin dari laman FB Muhammad Iqbal Willyanto

Arsip

Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts

Leave a Reply