Uvala

Sebuah istilah Yugoslavia untuk cekungan tertutup memanjang di karst, umumnya kering atau dengan sungai berkala atau genangan yang masuk ke bawah tanah. Umumnya panjangnya beberapa ratus meter dan dapat dianggap sebagai Polje kecil. Diterjemahkan dari buku Unesco, 1972, Glossary and Multilingual Equivalents of Karst Terms.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 17 tahun 2012 tentang Penetapan Kawasan Bentang Alam Karst. Uvala adalah gabungan dari dua atau lebih Dolina.

Menurut Whittow (1984), uvala adalah cekungan tertutup yang luas, yang terbentuk oleh gabungan dari beberapa doline. Uvala mempunyai dasar yang tidak teratur yang mencerminkan ketinggian sebelumnya dan karakteristik dari lereng doline yang telah mengalami degradasi serta lantai dasarnya tidak serata polje.

Lihat juga canyon; karst valley; valley sink, polje.

Sinonim: (Amerika.) compound doline; (Perancis.) cuvala; (Jerman.) Uvala; (Yunani.) ouvala; (Italia.) avvalamento carsico, uvala; (Russia.) uvala; (Spanyol.) uvala; (Turki.) koyak; kokurdan; (Yugoslavia.) draga.

Arsip

Membangkitkan Kesadaran Publik dalam Gerakan Kendeng Melalui Speleologi
June 19, 2022
SpeleoTalks #11
Ringkasan SpeleoTalks Seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 21, 2022
Agenda SpeleoTalks seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 17, 2022
Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021

Arsip

Related Posts