Dolina

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 17 Tahun 2012 tentang Penetapan Kawasan Bentang Alam Karst, Dolina adalah lekukan tertutup di permukaan akibat proses pelarutan dan peruntuhan yang memiliki ukuran bervariasi dengan kedalaman antara 2 sampai 100 meter dan diameter antara 10 sampai dengan 1.000 meter.

Dolina atau susupan yaitu depresi tertutup hasil pelarutan dengan diameter mulai dari beberapa meter sampai beberapa kilometer, kedalaman bisa sampai ratusan meter dan mempunyai bentuk bundar, lonjong dan tak beraturan. Beberapa dolina merupakan cekungan berumput lembut, yang lainnya adalah berbatu tebing dibatasi cekungan. Ada yang dibuat oleh solusi langsung dari zona permukaan kapur, (Solution Dolines), dan mereka dibentuk oleh runtuhnya atap gua, (Collapse Dolines).

Di Amerika, dolina atau doline biasa disebut sink atau sinkhole. Lihat juga jama; pit; ponor; sink, sinkhole; stream sink; swallet; swallow hole; sumidero.

Sinonim: (Perancis.) doline; (Jerman.) Dolinen, Karsttrichter; (Yunani.) tholene; (Italia.) dolina, pozzo naturale; (Russia.) karstovaja voronka, karstovaja kotlovina; (Spanyol.) dolina; (Turki.) duden, kokurdan, huni; (Yugoslavia.) vrtaca, ponikva, dolac, do, duliba, kotlic, konta.

 

Arsip

SpeleoTalks #11
Ringkasan SpeleoTalks Seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 21, 2022
Agenda SpeleoTalks seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 17, 2022
Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020

Arsip

Related Posts