Insekta

Beberapa hewan kelompok insekta (serangga). (Gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Insect_collage.png)

Insekta atau juga disebut serangga merupakan kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang); karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani yang berarti “berkaki enam”). Insekta memiliki exoskeleton chitinous, tubuh tiga bagian (kepala, dada dan perut), tiga pasang kaki bersendi, mata majemuk dan sepasang Antena. Mereka adalah salah satu kelompok hewan yang paling beragam di planet ini. Serangga dapat ditemukan di hampir semua lingkungan, meskipun hanya sejumlah kecil spesies berada di lautan, sebuah habitat didominasi oleh kelompok lain artropoda, yaitu Krustasea; Crustacea.

Kajian mengenai peri kehidupan serangga disebut entomologi. Insekta dibagi lagi menjadi 29 ordo, antara lain Diptera (misalnya lalat), Coleoptera (misalnya kumbang), Hymenoptera (misalnya semut, lebah, dan tabuhan), dan Lepidoptera (misalnya kupu-kupu dan ngengat). Kelompok Apterigota terdiri dari 4 ordo karena semua serangga dewasanya tidak memiliki sayap, dan 25 ordo lainnya termasuk dalam kelompok Pterigota karena memiliki sayap.

Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Ukuran serangga relatif kecil dan pertama kali sukses berkolonisasi di bumi.

Klasifikasi:
Kerajaan: Animalia
Filum: Artropoda
Subfilum: Hexapoda
Kelas: Insekta (Linnaeus, 1758)

Sinonim: (.Inggris) insect

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Insect,

Arsip

Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts