Scientific Karst Exploration (SKE) ke-2

Lawalata IPB mempersembahkan Training Seminar Scientifict Karst Eksploration (SKE) ke 2 (Poster: LAWALATA IPB)

Kawasan karst menyediakan barang dan jasa ekologi (ecological services)yang penting bagi ekosistem dan manusia. Sayangnya, banyak pihak yang belum peduli dengan potensi dan keunikan yang dimiliki kawasan karst. Penyebabnya yaitu faktor ekonomi, kesalahan persepsi dan penafsiran masyarakat akan fungsi kawasan karst.Adanya kesalahan persepsi dan penafsiran ini dikarenakan minimnya pengetahuan dan keterbatasan data dan informasi mengenai potensi kawasan karst. Berangkat dari permasalahan ini, LAWALATA IPB mencoba memberikan media kepada mahasiswa dan masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas keilmuan seputar eksplorasi ilmiah di kawasan karst serta mempresentasikan potensi dan permasalahan karst di Indonesia.

LAWALATA IPB akan mengadakan kegiatan Seminar dan Training Scientific Karst Exploration (SKE) ke-2 tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada 18 s/d 21 September 2013. Acara terdiri dari seminar, pameran foto, presentasi laporan (paper) kegiatan dan training. Lokasi kegiatan di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga untuk seminar, Training di Karst Ciampea dan Karst Gudawang.

Seminar
Kegiatan berupa penyampaian materi dan diskusi seputar kawasan karst secara umum meliputi pengetahuan tentang karst, kebijakan, dan pengelolaannya.Materi seminar disampaikan oleh instansi terkait yang berkompeten di bidangnya.

Training
Kegiatan berupa penyampaian materi yang lebih identik dengan kemampuan eksplorasi saat berada di dalam gua. Peserta akan dibagi menjadi tiga kelas kecil dan masing-masing peserta akan mendapatkan salah satu dari tiga pilihan materi yang akan diberikan sesuai dengan minat dan kesukaannya. Adapun ketiga kelas yang diberikan adalah Kelas Hidrologi, Kelas Biodiversitas dan Kelas Pengembangan Wisata gua.

Pameran foto dan Poster Ilmiah
Selama kegiatan seminar akan dipajang foto-foto atau poster kegiatan yang pernah dilakukan peserta. Peserta dapat membawa hasil karyanya selama berkegiatan di karst apapun bentuknya, baik itu berupa poster, ataupun foto kegiatan.Lima foto terbaik menurut panitia akan mendapatkan souvenir menarik.

Presentasi hasil kegiatan
Peserta akan mempresentasikan hasil kegiatannya selama berkegiatan di gua dan akan disiskusikan bersam. Peserta sebelumnya akan mengirimkan tulisannya dulu ke panitia sebagaimana yang akan dijelaskan pada daftar lampiran. Dua (2) peserta terbaik akan mendapatkan hadiah sebesar 500.000 rupiah.

Praktik lapangan
Praktik akan dilaksanakan di Karst Ciampea, Ciampea dan Karst Gudawang, Jasinga. Praktik akan disesuaikan dengan kelas training yang telah didapatkan peserta, jadi setiap peserta hanya akan mempraktekkan salah satu dari setiap materi tematik yang diberikan.

Pemateri
Acintyacunyata Speleological Club (ASC), Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (HIKESPI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Direktorat jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup, Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada, Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK), dan Society of Indonesian Environment Journalists (SIEJ).

Kontak Panitia di
Twitter: @infoSKE (tanpa spasi), web : lawalataipb.org
Nuzul: 083811175034, Dafid: 085711846507

Undangan bisa diunduh disini.

Arsip

Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020
Agenda SpeleoTalks seri 9: Cave Diving – into the unknown world
July 23, 2020

Arsip

Related Posts

3 Responses
  1. Bogor, 17 April 2019

    Yth. Bapak/Ibu,

    Selamat Malam, saya Melika Jehan dari divisi sponsorship anggota muda Mahasiswa Pecinta Alam Lawalata IPB. Ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk dari program Lawalata IPB yang kami sebut Studi Lapangan Anggota. Dimana anggota muda melakukan scientific adventure berupa kajian kajian terhadap Alam di Indonesia, yang belum banyak dikaji orang ataupun dikenal masyarakat luas. Disini, kami ingin mengajukan Proposal sponsorship kami untuk mendukung jalannya ekspedisi kami nanti di bulan Juli. Ekspedisi tahun ini dilakukan di Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat. Ekspedisi kami bernama Lentera Putussibau dan tema kajian kami adalah “Studi Potensi Kawasan Karst dan Sosial Budaya Masyarakat di sekitar Taman Nasional Betung Kerihun”.

    Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan Bapak/Ibu menghubungi Contact Divisi Sponsorship melalui Whatsapp dengan nomor 087874882233 atau email amlawalata2019@gmail.com.

    Demikian yang dapat disampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

    Salam Lestari,

    Melika Jehan

    Divisi Sponsorship Tim Ekspedisi

Leave a Reply