Laporan Investigasi Kecelakaan Luweng Serpeng 2

Dengan ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa Tim Investigasi kecelakaan Luweng Serpeng 2 mengakhiri tugas yang diemban selama kurang lebih 1 bulan sejak dibentuk. Tim investigasi mengemban tugas secara langsung dari presiden Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (HIKESPI) dan tugas amanah terutama dari keluarga korban, pihak terkait, segenap masyarakat dan secara khusus para speleologiwan. Tugas utama tim adalah mengumpulkan data-data, mencari fakta, serta menyusun kronologis secara benar dan lengkap atas kejadian kecelakaan di luweng serpeng 2 pada acara kegiatan Kursus Dasar dan Kursus lanjutan (KDKL) HIKESPI. Dalam tugas ini telah dilakukan pengumpulan data yang berasal dari wawancara dengan berbagai pihak, data sekunder yang berupa foto udara, citra, data kejadian hujan sekitar waktu kejadian, pustaka, dan peninjauan lapangan serta rekonstruksi di sekitar dan di dalam luweng khususnya di titik-titik penting yang berkaitan dengan kejadian, serta berbagai diskusi analisa data dan informasi yang telah terkumpul.

Hasil tim investigasi terutama adalah fakta-fakta kejadian, kronologi kejadian, serta saran dan rekomendasi untuk kebaikan semua pihak serta pelajaran penelusuran untuk kegiatan berikutnya yang lebih baik. Hasil tim tidak dalam bentuk penentuan keputusan kesalahan atau pembenaran kejadian, namun lebih bersifat menyajikan informasi serta pemberian rekomendasi untuk keadaan yang lebih baik.

Dalam melaksanakan tugas, banyak pihak yang sangat membantu dan berperan, sehingga tim dapat menyelesaikan tugas. Untuk itu tim sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian laporan ini.

Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan. Mudah- mudahan rekan-rekan yang menjadi korban meninggal mendapat pengampunan atas segala kesalahan dan mendapat tempat yang baik dari Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Mudah-mudahan keluarga dan rekan mendapat kesabaran dan petunjuk sehingga kejadian ini dapat menjadi hikmah. Mudah-mudahan hasil ini bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi kegiatan speleologi Indonesia. Amin.

Ketua Tim beserta anggota

Arsip

Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020
Agenda SpeleoTalks seri 9: Cave Diving – into the unknown world
July 23, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts

Leave a Reply