Bakti sosial dan pemetaan 30 gua di Klapanunggal, Kabupaten Bogor

MAPA Gunadarma melakukan pemetaan 30 gua di Klapanunggal, Kabupaten Bogor (Foto: MAPA Gunadarma)

Memperingati ulang tahun yang ke-30 MAPA Gunadarma mengadakan aktivitas petualangan, penelitian, dan bakti sosial di areal Klapanunggal Bogor.

Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan karst digelar selama lebih kurang dua pekan dengan melibatkan 10 orang, meliputi penjelajahan dan pemetaan 30 gua, penyuluhan fungsi dan manfaat karst bagi kehidupan serta berbagai hal lainnya.

Bang Agra, salah seorang anggota MAPA Gunadarma menyampaikan, “Sampai saat ini (4/10), 20 Gua yang sudah dieksplorasi di antaranya, 16 gua berkarakter vertikal dan 4 gua horizontal.”

Klapanunggal dipilih sebagai wilayah kegiatan dengan mempertimbangkan beberapa hal, antara lain segi jaraknya yang nisbi dekat dengan Jakarta dan masih menyimpan banyak gua-gua yang belum dijelajahi dan dipetakan.

Pada hari minggu yang akan datang (8/10) MAPA menggandeng ISS untuk turun bersama berbagi cerita dan informasi yang berkenaan dengan karst dan kelestariannya. Mas Imron, salah seorang pengurus ISS yang akan mendampingi MAPA Gunadarma minggu depan menyampaikan sekelumit persoalan yang akan diketengahkan dalam forum bersama warga.

Tim penjelajah dan pemetaan gua (Foto: MAPA Gunadarma)

“Saya sudah berbincang dengan salah seorang anggota MAPA, intinya lebih kurang tentang betapa pentingnya kawasan karst buat warga di dalam dan sekitar wilayah karst dan karena itu perlu dilakukan penyuluhan secara santai dan berkelanjutan agar jangan sampai kawasan karst di desa mereka tersentuh oleh penambang.”

Lebih lanjut, kegiatan yang digelar oleh MAPA Gunadarma ini selaras dengan ISS yang selalu berusaha menggalakkan aktivitas pendataan gua-gua dan lingkungan karst di Indonesia. [mrz]

Arsip

Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020

Arsip

Glossary

Leave a Reply