Asian Transkarst 2015 – Lichuan, China

ATT_1446831484059_IMG20151106091820Asian Transkarst 2015 yang kedua diselenggarakan di Lichuan, Hubei, China pada tanggal 6-8 November 2015. Kgiatan ini merupakan tindak lanjut dari Asian transkarst pertama yang diselenggarakan di Yogyakarta tahun 2011. Di China, peserta yang hadir dari luar China mencapai lebih dari 50 orang dengan total peserta dari China mencapai lebih dari 100 peserta. Peserta dari Indonesia ada tiga orang yaitu Dr. Eko Haryono, Ibu Pipit dan saya sendiri.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh China Geological Survey bekerjasama dengan UIS dan didukung oleh banyak pihak seperti Cave Research Insitute of Korea, Speleological Society of Japan, The Korean Society of Cave Environmental Science dan juga Karst research Group, Geography Faculty, Gadjah Mada University.

Kegiatan ini mencakup beberapa hal dari presentasi dari beberapa pemateri juga ada workshop dengan berbagai tema. Workshop yang diselenggarakan antara lainFotografi Gua, Cave management Workshop, Paperless Cave Surveying Workshop dan 3D Laser Scanning Demonstration.

Selain itu, ada fieldtrip yang mengambil lokasi di beberapa gua wisata, salah satunya adalah Tenglong Dong, Sang Long Men untuk pemandangan karst.

Pada hari pertama, 6 November 2015 acaranya adalah pembukaan meliputi beberapa pejabat, salah satunya adalah Presiden UIS dari Korea Selatan, Prof. Kyung Sik Woo.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan Keynote Speakers yang disampaikan oleh beberapa narasumber Andi Eavis dari British Caving Association (BCA) yang memaparkan kegiatan eksplorasi gua di Asia Tenggara dan China dan salah satunya ada Indonesia pada tahun 1982 di Gunungsewu.

Siang harinya dilanjutkan dengan presentasi dan workshop dengan tema Paperless Cave Survey dan Bolt Climbing Workshop.

IMG20151106173913 Sore ini jam 18.00 akan diselenggarakan pertemuan Asian Federation of Speleology yang telah diakui sebagai salah satu afiliasi dengan UIS dan sudah tercantum dalam buku “The Fifty Years of the UIS” dimana Presiden AFS adalah Prof. Kyung Sik Woo (Korea Selatan) dan Vice Presiden Dr. Eko Haryono (Indonesia) dan Satoshi Goto (Jepang). General Secretary adalah Yunjai ZHANG (China) dan wakilnya tran Tan vau (Vietnam).

Selain pengurus AFS, juga ada perwakilan negara yang disebut “Additional Bureau Members” yang merupakan orang-orang dari negara di Asia. Dari China diwakili oleh Weihan Chen, dari Indonesia diwakili oleh Cahyo Rahmadi, Jepang diwakili Takeshi Someya dan perwakilan dari Iran, Korea, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Filipina, Thailand, Vietnam.

Inilah laporan kegiatan Asian Transkarst kedua hari pertama.

oleh: Cahyo Rahmadi (Lichuan, China)

 

Arsip

Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020
Agenda SpeleoTalks seri 9: Cave Diving – into the unknown world
July 23, 2020

Arsip

Glossary

Related Posts

1 Response
  1. Fredy Chandra

    Selamat Mas Cahyo Rahmadi yang telah menjadi salah satu representasi Indonesia dalam event strategis ini. Diharapkan kedepannya Indonesia mampu menjadi tuan rumah event seperti ini, melaluinya dapat menjadi ajang advokasi pengelolaan kawasan kars berkelanjutan di Indonesia.

    Salam Speleo !!!
    Bravo Speleologi Indonesia…

Leave a Reply