Kalsit

Mineral berwarna putih atau tanpa warna (banyak terdapat di alam seperti di dl batu gamping, pualam); kalsium karbonat (CaCO3). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Mineral utama pembentuk batu gamping, dengan unsur kimia pembentuknya terdiri dari kalsium (Ca) dan karbonat (CO3), mempunyai sistem kristal Heksagonal dan belahan rhombohedral, tidak berwarna dan transparan. Sifat fisika dari kalsit adalah bobot isi 2,71; kekerasan 3 (skala Mohs); bentuk prismatik; tabular; pejal; berbutir halus sampai kasar; dapat terbentuk sebagai stalaktit, modul tubleros, koraloidal, oolitik atau pisolitik. Warna kalsit yang tidak murni adalah kuning, coklat, pink, biru, lavender, hijau pucat, abu-abu, dan hitam. Informasi Mineral dan Batubara.

Mineral terdiri dari kalsium karbonat (CaCO3) seperti aragonit tapi berbeda dalam bentuk kristal, unsur utama pada batu gamping dan bentukan di dalam gua (speleothem).  (Monroe, W. H. (Compiler). 1970).  Diterjemahkan secara bebas dari buku Field, M.S., 2002, A lexicon of cave and karst terminology with special reference to environmental karst hydrology.

Arsip

Gua Bokimoruru
Gua Bokimoruru di Pulau Halmahera Tercemar Akibat Sedimentasi Pembukaan Lahan Pertambangan
September 9, 2023
PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN DAN FESTIVAL KARST KLAPANUNGGAL (16-17 Agustus 2023)
August 18, 2023
Membangkitkan Kesadaran Publik dalam Gerakan Kendeng Melalui Speleologi
June 19, 2022
SpeleoTalks #11
Ringkasan SpeleoTalks Seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 21, 2022
Agenda SpeleoTalks seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 17, 2022

Arsip

Glossary

Related Posts