Stasiun Nol Festival
Stasiun Nol Festival

Indonesia merupakan negara dengan lebih dari 17.000 pulau dan 154.000 kilometer persegi kawasan karst, di mana terdapat banyak gua yang belum tersentuh serta dianggap tidak istimewa. Namun kurang dari empat dekade pada kegiatan eksplorasi gua, kami hanya memiliki penjelajah gua dengan jumlah yang minim namun masih terus berkembang hingga saat ini. Jumlah tersebut masih terlalu kecil untuk menangani gua dengan terowongan tak berujung. Selain itu, ada pula surveyor gua dengan jumlah yang lebih sedikit. kemudian, meskipun mereka sangat berdedikasi dan bermotivasi tinggi, sebagian besar dari mereka masih mencari teknik dan standar yang sesuai untuk menjadi surveyor gua yang baik. Stasiun Nol Festival akan menjadi acara pertama kali yang akan diadakan di Indonesia dan mudah-mudahan akan terus dilaksanakan sebagai acara rutin agar dapat mendorong peningkatan pengetahuan mengenai kartografi dan teknik survei gua khususnya di Nusantara ini. Tentu saja kita berutang begitu banyak kepada para caver dan organisasi speleologi, asosiasi serta masyarakat secara global seperti BCRA dan NSS, dimana program tahunan mereka telah memotivasi kami untuk mengambil langkah pertama ini.

Stasiun Nol Festival ini digagas oleh Acintyacunyata Speleological Club, dan penyelenggaraan tahun 2016 ini telah mendapatkan dukungan resmi dari Masyarakat Speleologi Indonesia, Arisan Caving Yogyakarta (ACY), KPALH Setrajana FISIPOL Universitas Gajah Mada, Kapalasastra FIB Universitas Gajah Mada dan Asian Union of Speleology (AUS).

Stasiun Nol Festival tahun 2016 akan diselenggarakan di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Kampus Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta .Pada tanggal 23 – 25 September 2016.

Rangkaian acara yang akan diselenggarakan adalah

  1. Kontes Peta Gua Tingkat Nasional
  2. Pameran Peta Gua Tingkat Nasional dan Internasional
  3. Seminar dan Workshop Pemetaan Gua
  4. Peluncuran Buku Stasiun Nol edisi ke 2
  5. Lomba Polygon Tertutup
  6. Presentasi Ekspedisi Speleologi ASC di Halmahera 2016

Info selengkapnya kunjungi di laman StasiunNolFestival.ORG

Arsip

Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021
Mengungkap surga tersembunyi kawasan karst sekitar TN Gunung Halimun salak
November 8, 2020
Webinar Hasil Ekspedisi Lawalata: Mengungkap Surga Tersembunyi di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak
October 16, 2020
Ringkasan SpeleoTalks seri 9: CAVE DIVING: Into the Unknown World
July 29, 2020

Arsip

Glossary

Leave a Reply