Awas Bahaya Polutan Operasional Pabrik Semen

Awas bahaya polutan dari operasional pabrik semen terhadap kesehatan manusia
Awas bahaya polutan dari operasional pabrik semen terhadap kesehatan manusia

Bahan berbahaya yang dilepas ke udara oleh operasional pabrik semen yang disebabkan pembakaran bersuhu tinggi terhadap bahan baku semen dan penggunaan batubara antara lain :

Nitrogen Oksida (NOx), menyebakan kerusakan lapisan ozon, memicu hujan asam, rusaknya kualitas air dan gangguan penglihatan.

Sulfur Dioksida (SO2), menyebabkan gangguan pernafasan, memperparah penderita asma dan infeksi bronchitis, memicu penyakit kardiovaskular (jantung koroner, stroke, kelainan jantung pada bayi, gagal jantung dan berbagai macam penyakit kardiovaskular lainnya).

Emisi Mercury, pada manusia emisi merkuri membahayakan kesehatan otak, jantung, paru-paru dan system kekebalan tubuh pada manusia di segala usia. Bahan ini juga meracuni janin sehingga menyebabkan penurunan kecerdasan dan mengganggu tumbuh kembang anak. Merkuri juga membawa dampak pada ekologi, memicu kematian binatang, mengurangi tingkat reproduksi, mengubah perilaku binatang, memperlambat perkembangan dan pertumbuhan.

Materi Partikulat, merupakan partikel padat berukuran kurang dari 10 micrometer (PM10) diluar ruang dan berukuran kurang dari 2,5 micrometer (PM2,5)di dalam ruang. Materi ini menyebabkan gangguan pernafasan karena bisa mengendap pada saluran bronchi dan alveoli. Manifestasi dari penyakit saluran pernafasan antara lain penyakit asma, penyakit paru-paru, batuk, sakit tenggorokan, bronchitis akut hingga kanker paru-paru (Setiawan, 1992).

Arsip

Membangkitkan Kesadaran Publik dalam Gerakan Kendeng Melalui Speleologi
June 19, 2022
SpeleoTalks #11
Ringkasan SpeleoTalks Seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 21, 2022
Agenda SpeleoTalks seri 11: Peta Jalan Speleologi di Indonesia
February 17, 2022
Pertanian dan Peternakan Hidupi Warga Satar Punda, Mengapa Harus Ada Tambang?
July 22, 2021
Agenda SpeleoTalks seri 10: Mengenal Citizen Law Suit
February 3, 2021

Arsip

Related Posts

Leave a Reply